Senin, 04 Juli 2011

KEAMANAN INTERNET UNTUK BUAH HATI

KEAMANAN INTERNET UNTUK BUAH HATI
Salah satu ketakutan paling besar dari para orang tua dan guru yang ingin mendukung anak-anak menyumbangkan diri ke internet adalah banyaknya hal kurang baik, pornografi, kekerasan dan lain-lain di internet.Akan tetapi jika masih terdapat kekhawatiran akan dampak yang kurang baik itu, dapat pula digunakan perangkat lunak komputer yang bisa membantu menyaring dan memblokir informasi yang dianggap kurang patut tersebut.
Hal ini dapat dihindari dengan menguatkan iman dan ketakwaan anak-anak tersebut serta lebih banyak aktivitas agar mereka bisa menyalurkan kelebihan energinya ke hal-hal yang positif.

Secara umum fungsi perangkat lunak tersebut ada dua, yaitu:
1. Browser untuk anak-anak, fungsinya mirip internet Explorer atau Netscape yaitu digunakan untuk surfing di internet, akan tetapi terdapat fasilitas untuk menyaring materi-materi yang diambil/ dibaca oleh anak-anak lewat internet.
2. Perangkat lunak untuk melakukan bloking / filtering. Perangkat ini lebih kompleks dan sekedar browser. Fungsi perangkat ini seperti perangkat lunak proxy yang biasa digunakan di warung internet agar beberapa komputer dapat mengakses internet secara bersama-sama melalui satu saluran komunikasi. Perangkat ini sangat ideal untuk digunakan di server warnet sebuah sekolah agar seluruh komputer disekolah tersebut tidak bisa mengakses situs yang tidak baik.

Berikut ini adalah daftar singkat dari beberapa perangkat lunak yang masuk dalam kedua kategori tersebut.
Browser Untuk anak
1. Children’s Internet Browser ( http:// www. Chibrow.com). dirancang
untuk memberikan orang tua keleluasaan kontrol terhadap apa-apa yang akan diakses oleh anaknya.
2. Education World ( http : // www. Education-word. com). Sebuah browser yang dirancang untuk keperluan pendidikan.
Perangkat Lunak Untuk Memblokir dan Menyaring Content
1. Anti-Defarmation League Hate Filter ( http:// www. Adl. org). Perangkat lunak yang dirancang sebagai penjaga pintu gerbang ke internet.
Perangkat ini akan memblokir secara perorangan atau grup, utamanya untuk kata-kata kasar, hujatan terhadap grup yang sangat spesifik karakteristiknya.
2. CSM- Site Blocker ( http: // www. csm-usa/product/blocker/), sebuah perangkat lunak untuk mencegah penayangan hal-hal yang buruk, tidak baik, dan kasar di layar komputer yang digunakan oleh anak-anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar