Kamis, 07 Juli 2011

LANJUTAN METODE PENELITIAN SEJARAH

LANJUTAN METODE PENELITIAN SEJARAH

Pada bagian yang lalu telah diuraikan bahwa dalam ilmu sejarah memiliki metode penelitan yang berbeda dengan bidang ilmu yang lain. Metode penelitian sejarah ada empat
yaitu ; heuristic, kritik sumber, interpretasi, historiografi.
1. Heuristic
Heuristic berarti mengumpulkan sumber-sumber sejarah dari berbagai sumber. Hal ini penting agar kita mendapatkan sumber sejarah secara lengkap guna mendukung bahan kajian sejarah. Sumber sejarah dibedakan menjadi ; sumber lisan, sumber tulisan, sumber benda 
2. Kritik Sumber
Setelah kita mengumpulkan sumber-sumber sejarah  tahap berikutnya adalah  melakukan kritik sumber. Sumber -sumber sejarah dilakukan kritik intern dan ekstern.  Hal ini sangat penting untuk dapat memastikan apakah itu sumber primer atau sumber sekunder. 
3. Interpretasi
Setelah sumber sejarah dikritik , maka tahap berikutnya adalah interpretasi yaitu menghubung-hubungkan dan merekonstruksi serta membuat alur cerita sejarah secara kronologis dan sesuai dengan kebenaran sejarah.
4. Historiografi
Tahap terakhir dalam penelitian sejarah adalah historiografi yaitu tahap penulisan sejarah secara kronologis berdasarkan urutan kejadian dan waktu juga berdasarkan keaslian sumber sejarah. 
Demikian sedikit uraian tentang metode penelitian sejarah  semoga berguna bagi kita semua.




     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar