Minggu, 28 Agustus 2011

KETUPAT LEBARAN


Sekarang adalah cara mudah membuat ketupat lebaran. Ketupat selalu menjadi simbol dari hari raya idul fitri di Indonesia. Dalam suasana lebaran menjadi kurang lengkap jika tidak ada yang namanya ketupat. Dimakan dengan sayur atau apapun menjadi sangat nikmat, hmmm.. nyummy..


Mungkin bagi beberapa kalangan masyarakat, menyediakan ketupat di hari lebaran tidak mau repot dan tinggal beli jadi, namun konon lain lho rasanya kalau kita membuat sendiri, setidaknya dalam hal kepuasan dan nilai dari ketupat itu sendiri dalam budaya lebaran kita sekeluarga. Nah yang masih belum bisa membuat ketupat silahkan simak cara membuat ketupat dibawah ini:

Cuci beras yang akan dimasak menjadi ketupat, rendam kurang lebih 3 jam dan hasil tirisannya dicampur sedikit kapur sirih.
Beras yang dimasukkan ke dalam bungkus ketupat kira-kira 2/3 isinya. Jangan sampai lebih dari itu. Bisa melar nanti atau kedodoran saat ketupat matang, dan parahnya ketupat akan keras
Didihkan air yang akan dipakai untuk merebus ketupat.
Rebus ketupat kurang lebih selama 4-5 jam dan selama itu harus dalam keadaan terendam penuh.
Setelah matang, ketupat digantung hingga kering.

Diatas itu adalah cara membuat sampai matang. Untuk pembungkus ketupat dari janur (daun kelapa muda) Anda bisa membeli yang kosongan, atau jika Anda ingin membuat sendiri silahkan saja lihat urutan gambar cara membuat ketupat dibawah ini, untuk memperbesar gambar silahkan diklik, karena gambarnya besar agar jelas untuk ditiru.
Nah silahkan mencoba ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar