Senin, 07 November 2011

BATU SECRET SOO

Batu Secret Zoo
Logo BSZ.jpg
Dibuka Juni, 2010
Lokasi Batu, Jawa Timur, Indonesia
Luas tanah 14 hektare (35 acre)
Situs web www.jawatimurpark2.com
Batu Secret Zoo merupakan tempat wisata dan kebun binatang modern yang berlokasi di Kota Batu, Jawa Timur. Batu Secret Zoo yang berada di tanah seluas 14 hektar tersebut adalah bagian dari Jatim Park 2, selain Pohon Inn dan Museum Satwa. Batu Secret Zoo memiliki beberapa koleksi hewan dari beberapa habitat yang berbeda, namun sebagian besar berasal dari Asia dan Afrika. Binatang-binatang itu diantaranya adalah Singa Putih, Kijang Afrika, Burung Macau hingga berbagai reptil.

Sejarah

Kebun Binatang Batu pertama kali dibuka pada tahun 2010. Pengunjungnya sangat banyak, karena saat grand opening seluruh biaya masuk gratis. Diresmikan oleh Presiden Indonesia, Bapak Susilo Bambang Yudhoyono.

Fasilitas dan Kebun Binatang

Batu Secret Zoo memiliki berbagai jenis dari seluruh belahan dunia, seperti Singa dari Afrika, Gajah dari Sumatra, dan lain sebagainya. Juga terdapat Giant Wheel, Log Flume, Kidz Zone, River Adventure, dan lain-lain sebagai fasilitas dan tempat bermain untuk pengunjung.

[sunting] Batu Secret Zoo A

Hiu Karang Sirip-Hitam di Batu Secret Zoo
Menampilkan berbagai macam koleksi hewan, yang dibentuk sesuai dengan habitatnya. Di sini terdapat Reptile Garden, Flying Lemur, Aquarium, dan rumah bagi hewan-hewan. Batu Secret Zoo membuat seluruh hewan ini dengan tema, agar menarik perhatian para pengunjung.
Ring-tailed Lemurs dari Madagaskar yang tinggal di Batu Secret Zoo

[sunting] Savannah

Savannah adalah sebuah terowongan berdinding kaca, para pengunjung dapat menyaksikan ekosistem dari hewan-hewan Afrika, seperti Giant Sable Antelope, Scimitar-Horned oryx, Zebra, dan para hewan berkuku lainnya. Para pengunjung juga dapat mencari informasi dari layar sentuh yang sudah dipasang di terowongan.

[sunting] Kampung Afrika dan Gajah

Di Kampung Afrika, pengunjung disuguhi dengan para hewan kecil seperti mirkat, marmut, kelinci, dan lain sebagainya. Terdapat cafe yang dibuka untuk beristirahat, dan petugas yang menjaga di kandang gajah. Pengunjung dapat memberi makan dan menyaksikan kehidupan bayi Gajah Sumatra di kandang ini.

Elang

Elang adalah rumah bagi para elang-elang yang diadopsi (dibeli) oleh pihak kebun binatang. Para pengunjung yang masuk ke "rumah" elang ini akan dapat menyaksikan kehidupan elang, berbagai spesiesnya, dan status konservasinya. Dengan dipandu oleh petugas, pengunjung dapat berjalan sambil melihat berbagai jenis elang yang sudah diadopsi oleh kebun binatang.

Kuda Nil dan Buaya

Pengunjung yang datang ke kolam buaya dan kuda nil ini dapat menyaksikan kehidupan kuda nil, habitat, makanan, dan cara bergeraknya. Pada jam tertentu, kuda nil akan diberi makan roti, sayur, dan buah-buahan, dan pengunjung juga dapat ikut memberi makan kuda nil ini. Pengunjung juga dapat melihat buaya dari atas jembatan yang sudah dibuat, dan menyaksikan aktivitas buaya.

[sunting] Fantasy Land

Area permainan yang cukup luas, yang membuat anak-anak dapat bermain gembira di sana. Pengunjung yang lelah dapat beristirahat di cafetaria yang ada di sebelah Fantasy Land ini. Terdapat kolam renang anak yang diberi ember raksasa, dan juga air mancur. Bagi pengunjung yang ingin memberi makan hewan, dapat mengikuti kereta Safari Farm, yang terdapat di sebelah Gorilla Raksasa. Pengunjung yang senang berfoto juga dapat menaiki patung gorilla di sebelah Safari Farm dan River Adventure.

River Adventure

Menaiki perahu mesin ini sungguh mengasyikkan, dengan melihat Orangutan yang tinggal di pulaunya ini. Pengunjung juga akan melewati Bahtera Nuh, dan pulau-pulau Orangutan.

Feeding Birds

Batu Secret Zoo menyediakan fasilitas memberi makan burung, di Feeding Birds.

Tiger Land

Spesies Harimau Siberia yang ada di Batu Secret Zoo
Pengunjung yang mencintai harimau akan serasa di surga, dengan melihat berbagai macam kucing besar ini. Di Tiger Land, kandang harimau-harimau ini dibuat bertema, dengan informasinya juga. Setelah itu, terdapat singa putih pertama di Indonesia, setelah Maharani Zoo&Goa, yang ditaruh bersebelahan dengan Singa Afrika.

Mancing Harimau

Mancing Harimau adalah tempat para pengunjung untuk memberi makan harimau, sambil berdiri di atas kaca acrylic. Pengunjung yang ingin mengikuti mancing harimau diharuskan membayar Rp10.000,00. Pengunjung akan memancing harimau dengan daging segar, dan menyaksikan tingkah laku harimau yang ingin meraih daging tersebut.

Giant Wheel

Merupakan kincir raksasa terbesar kedua di Indonesia, setelah yang terdapat di Jakarta. Pengjunjung akan merasa kagum dan tegang apabila menaiki wahana ini. Pengunjung dapat melihat seluruh kota Batu, dan kebun binatang dari atas, dengan diiringi musik yang dipasang. Di bawah lingkaran, terdapat kaca agar dapat melihat bawah, membuat ketegangan para pengunjung bertambah.

Log Flume

Wahana air yang satu ini sangat seru, karena pengunjung akan tersiram air yang ada. Dengan nama "Jack and the Beanstalk", perngunjung serasa benar-benar di awan seperti yang ada di ceriata Jack. Siraman air yang ada membuat suasan semakin seru.

Hewan-Hewan

Spesies di Batu Secret Zoo sangat beragam, dan berasal dari berbagai belahan dunia. Diantaranya adalah:

Mamalia

Burung

  • Burung Nuri
  • Scarlet Ibis
  • Caribbean Flamingo
  • Greater Flamingo
  • Pinguin (Segera Hadir!)
    Pinguin yang akan hadir di Batu Secret Zoo
  • dan lain-lain

Ikan

  • Hiu Karang sirip-hitam
  • Ikan Laut
  • Ikan air tawar
  • dan lain-lain

Reptil dan Amfibi

  • Buaya Nil
  • Katak
  • Kura-kura
  • Salamander
  • Axolotl
  • Penyu
  • dan lain-lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar