Jumat, 10 Agustus 2012

Samsung Exynos 5 Dual-Core, Prosesor Masa Depan Smartphone Dan Tablet Samsung

699cSamsung Exynos Samsung Exynos 5 Dual Core, Prosesor Masa Depan Smartphone Dan Tablet Samsung
Samsung dikabarkan telah bersiap merilis prosesor generasi terbarunyaSamsung Exynos 5 dual-core yang kelak akan digunakan pada smartphone dan tablet Samsung dimasa mendatang.
Samsung tampaknya tidak mau kalah dengan Qualcomm yang telah bersiap meluncurkan generasi Snapdragon S4 Pro yang beberapa waktu lalu diberitakan memiliki kinerja tercepat.
Raksasa elektronik asal Korea Selatan ini membeberkan detail spesifikasi dari prosesor Exynos 5 dual-core. Exynos 5 dual-core ini akan menggunakan arsitektur ARM Cortex A-15 dengan kecepatan 1,7GHz.
Prosesor Exynos 5 dual-core ini diproduksi dengan manufaktur 32nm dan akan diplot untuk bersaing dengan Qualcomm Snapdragon S4 Pro. Samsung mengklaim bahwa Exynos 5 menawarkan peningkatan kinerja grafis yang signifikan dan umur baterai yang lebih lama.
Kehadiran Exynos 5 ini akan ditemani oleh grafis quad-core Mali-T604 GPU (Graphics Processing Unit) yang mendukung resolusi layar hingga 2560 x 1600 piksel serta tambahan fitur stereoscopic 3D.
Kinerja prosesor grafis Mali T604 ini diklaim mampu mengalahkan Adreno 225 besutan Qualcomm. Bahkan situs ARM mengklaim bahwa kinerja grafis Mali T604 ini 5x lebih cepat dibanding grafis Mali seri sebelumnya.
Samsung melengkapi fitur Exynos 5 dengan dukungan USB 3.0 dan SATA III untuk meningkatkan kinerja. Exynos 5 juga mendukung penggunaan memori LPDDR3 dengan kecepatan 800MHz.
Seperti yang dilansir dari The Verge (09/08/2012), flagship prosesor Samsung, Exynos 4 quad-core yang digunakan pada smartphone Galaxy S3 sejauh ini telah menunjukan kinerja yang mengesankan.
Samsung Exynos 5 dual-core diharapkan akan menggantikan Exynos 4 dengan kinerja yang lebih tinggi dan konsumsi daya yang rendah. Sampai berita ini diturunkan, belum jelas apakah Samsung juga akan menghadirkan Exynos 5 versi quad-core atau tidak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar