Sabtu, 16 Maret 2013


Tablet Surface Dikabarkan Hanya Terjual 1,5 Juta Unit

2ed7Surface Pro Tablet Surface Dikabarkan Hanya Terjual 1,5 Juta Unit
Tablet Surface Pro
Microsoft dikabarkan hanya mampu menjual tablet Surface yang terdiri dari Surface Pro dan Surface RT sebanyak 1,5 juta unit saja. Tentu saja, hal ini bukanlah kabar yang menggembirakan, karena angka ini jauh dibawah perkiraan. Hal ini disebabkan karena dua faktor, jumah aplikasi yang terbatas dan harga yang ditawarkan tablet ini dinilai terlalu tinggi.
Raksasa perangkat lunak yang berbasis di Redmond ini hanya mampu menjual 1,5 juta unit tablet Surface dengan rincian 1,1 juta unit Surface RT terjual dan 400 ribu unit terjual untuk Surface Pro. Kedua tablet ini dirancang oleh Microsoft untuk menyasar segmen bisnis.
Microsoft mulai memasarkan tablet Surface RT yang menggunakan sistem operasi Windows RT dan ditenagai oleh Nvidia Tegra 3 ini pada akhir Oktober 2012. Sedangkan tablet Surface Pro yang mengusung sistem operasi Windows 8 Pro dan ditenagai oleh prosesor Intel ini mulai dijual pada bulan Februari 2013.
Tablet Surface Pro yang dijual dengan harga yang lebih tinggi dibanding Surface RT ini tampaknya lebih diinginkan pasar. Hal ini terlihat dari penjualannya yang mencapai 400 ribu unit dalam waktu 1 bulan setelah peluncuran. Sistem operasi Windows 8 Pro ini tampaknya menjadi daya tarik utama tablet Surface Pro.
Penyebab loyonya penjualan tablet Surface ini disinyalir karena terbatasnya jumlah aplikasi native yang tersedia untuk tablet Surface Pro maupun Surface RT. Bandingkan saja dengan Apple iPad yang telah memiliki 300 ribu aplikasi di iTunes App Store.
Seperti yang dilansir dari Xbitlabs (15/03/2013), selain keterbatasan aplikasi, harga dan ketersediaan juga dituding sebagai biang loyonya penjualan tablet Surface. Tablet besutan Microsoft ini dinilai terlalu mahal dan saat ini hanya tersedia di beberapa negara saja.
Microsoft tampaknya harus memperbaiki masalah di atas agar penjualan tablet Surface mampu memenuhi ekspektasi. Tak hanya itu, Microsoft juga harus menggenjot jumlah aplikasi yang tersedia di Windows Store untuk menarik pengguna.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar