Minggu, 28 Oktober 2012

Fosil "Raja Laut" Berusia 100 Juta Tahun Ditemukan

Sabtu, 27 Oktober 2012 05:01 wib
detail berita
(Foto: Redorbit)
AUSTIN - Peneliti baru-baru ini mengklaim telah menemukan fosil ikan purba berusia 100 juta tahun. Fosil ikan ini diketahui merupakan spesies ikan coelacanth atau ikan raja laut yang pernah ditemukan di wilayah Fort Worth, Texas, Amerika Serikat.

Dilansir Redorbit, Sabtu (27/10/2012), fosil coelacanth (ikan raja laut) ini telah diidentifikasi oleh paleontolog John F.Graf dari Southern Methodist University (SMU) di Dallas. Pada 400 juta tahun lalu, ikan raja laut merupakan salah satu ikan dengan rentang usia yang panjang.

Peneliti mengatakan, ikan raja laut ini memiliki kekerabatan erat dengan makhluk hidup vertebrata, termasuk manusia. Temuan yang diterbtikan dalam Historical Biology: An International Journal of Paleobiology ini mengungkap spesimen ikan raja laut pertama berasal dari periode geologi Cretaceous, yakni sekira 146 juta hingga 60 juta tahun lalu.

Graf yang mengidentifikasi fosil menamai spesies baru ini Reidus hilli. Ini merupakan ikan raja laut pertama yang berhasil diidentifikasi dan ditemukan di kota Dallas, Amerika Serikat. Sebelumnya juga pernah ditemukan ikan raja laut termuda yang diyakini hidup sekira 200 juta tahun lalu (periode Triassic).

"Hewan ini merupakan salah satu makhluk hidup yang memiliki usia yang panjang dari beberapa vertebrata yang kita tahu. Apa yang membuat ikan raja laut ini menarik untuk diteliti ialah, ikan ini paling dekat dengan semua vertebrata yang hidup di darat. Mereka menunjukkan hubungan nenek moyang dengan semua vertebrata darat," jelas Graf .

Menurut Graf, beberapa ikan raja laut telah ditemukan di Texas. Fosil ikan raja laut dapat ditemukan di setiap benua kecuali Antartika. Ilmuwan memperkirakan bahwa ikan raja laut mampu mencapai keragaman maksimal selama periode Triassic dan dianggap telah punah sekira 70 juta tahun lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar