Minggu, 28 Oktober 2012

Stasiun Luar Angkasa Siap Kedatangan 3 Astronot Baru


Senin, 22 Oktober 2012 16:37 wib
detail berita
Roket Soyuz (Foto: Softpedia)
CALIFORNIA - Stasiun luar angkasa internasional (ISS) akan kedatangan tiga astronot baru pekan ini. Tiga astronot ini antara lain Kevin Ford dari NASA dan dua kosmonot asal Rusia, Oleg Novitsky dan Yevgeny Tarelkin yang bersiap melakukan misi pertama di ISS.

Dilansir Softpedia, Senin (22/10/2012), pesawat luar angkasa, Soyuz akan membawa ketiganya menuju ISS. Armada antariksa tersebut kini telah dipersiapkan untuk lepas landas di Baikonur, Kosmodrom Baykonur yang merupakan tempat peluncuran roket, yang biasa digunakan oleh Rusia.

Soyuz direncanakan meluncur pada besok, Selasa (23/10/2012) dari launch pad 31. Roket Rusia yang akan membawa pesawat luar angkasa Soyuz, kini telah diatur untuk bersiap lepas landas. Misi Soyuz TMA-06M ini mengangkut tiga astronot yang akan ikut serta dalam misi Expedition 33 di ISS.

Ketiga astronot akan bergabung dengan Sunita Williams dari NASA, Yuri Malenchenko dari Russian Federal Space Agenc serta Akihiko Hoshide dari Japan Aerospace Exploration Agency. Tiga astronot yang akan diterbangkan ke ISS ini tetap berada di ISS untuk paruh pertama Expedition 34.

Informasi yang terungkap sebelumnya, menyebutkan astronot bisa menikmati es krim di luar angkasa (ISS). Hal ini memungkinkan, karena roket SpaceX dengan kapsul kargonya (Dragon) membawa berbagai macam persediaan seperti pakaian dan makanan serta pasokan lainnya ke ISS.

Selain itu, kapsul kargo Dragon juga mengangkut sampel medis serta es krim vanila cokelat untuk para kru stasiun. Dengan pensiunnya pesawat ulang-alik tahun lalu (space shuttle), NASA kini berfokus pada sektor swasta untuk mengembangkan dan mengangkut pasokan dari bumi ke ISS melalui roket SpaceX. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar