Ilustrasi Asteroid
Ilustrasi Asteroid (sumber: AFP)
Sebuah asteroid yang berada satu kelas dengan asteroid yang diduga meledak di atas Sungai Tunguska, Siberia pada 1908 diperkirakan akan melesat sangat dekat dengan Bumi tahun depan.

Menurut badan antariksa Amerika Serikat Asteroid yang dinamakan 2012 DA14 akan melintas dekat Bumi - bahkan lebih dekat ketimbang satelit-satelit buatan manusia- pada 15 Februari 2013. Satelit itu hanya akan berselisih 26.900 kilo meter dari Bumi, demikian tulis NASA dalam situs resminya.

Asteroid yang pertama kali ditemukan oleh badan antariksa Spanyol berdiameter 40 sampai 95 meter dan merupakan bagian dari kelompok asteroid Apolo yang berlokasi dekat Bumi. Banyak dari asteroid itu yang memang berpotensi bahaya.

Sejumlah astronom mengatakan akan terus memantau 2012 DA14 untuk menganalisis ukuran dan arah pergerakannya. Para pakar antariksa itu yakin 2012 DA14 itu sama dengan benda antariksa yang meledak di atas Siberia 1908 silam.

Dalam fenomena yang disebut "Peristiwa Tunguska" itu sebuah asteroid yang diperkirakan mempunyai diameter lebih dari 50 meter meledak di atmosfer dengan kekuatan yang 1000 kali lebih dasyat dari bom atom di Hiroshima pada 1945. 

Meski demikian ledakan yang terjadi di Tunguska itu hingga kini masih menjadi misteri.