Senin, 20 Februari 2012

QtADB, Aplikasi ADB Yang Memudahkan Menghubungkan Ponsel atau Tablet Android dengan Komputer


Android Debug Bridge (ADB) adalah aplikasi yang dapat menghubungkan ponsel atau tablet Android dengan sebuah PC atau notebook. Tak hanya itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengirim command atau perintah melalui WiFi atau USB.
ADB sendiri adalah bagian dari Android Software Developer Kit, namun dalam sesi ini anda tak perlu menginstal Android SDK secara keseluruhan. Terdapat sebuah aplikasi bernama QtADB yang dapat menghubungkan PC berbasis Mac, Linux ataupun Windows dengan perangkat Android menggunakan ADB. Yang spesial dari aplikasi QtADB ini adalah tampilannya yang berupa GUI, sehingga tak perlu menggunakan command prompt.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa dilakukan dengan QtADB:
- Copy file dari dan ke ponsel
- Back up atau restore aplikasi atau meng-copynya ke komputer
- Uninstall aplikasi dalam ponsel
- Melihat informasi detail perihal ponsel atau tablet anda
- Mengambil screnshoot ponsel
- Mengirim command reboot ke ponsel
- Reboot dalam mode recovery
Selain itu terdapat pula window ADB Shell yang berguna untuk memasukkan command secara manual menggunakan terminal window.
Dengan aplikasi ini, anda juga dapat memanage pesan SMS. Namun sebelumnya, anda harus menginstall aplikasi QtADB dalam ponsel untuk mengakses pesan SMS melalui PC. Namun untuk dapat menggunakan semua fitur aplikasi ini, anda harus me-root ponsel dahulu. Jika ponsel sudah di-root, maka aplikasi ini dapat digunakan dengan bebas dan dapat mempermudah mentransfer data atau membackupnya ke komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar