Selasa, 26 Juni 2012

Beruang Hitam Unjuk Keahlian dalam Menghitung



detail berita
Beruang Hitam (Foto: BBC)
WASHINGTON - Peneliti menguji coba kemampuan beruang hitam dalam memahami susunan titik-titik objek melalui tampilan layar komputer. Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Animal Behaviour menunjukkan bahwa hewan tersebut memiliki keahlian dalam menghitung.

Dilansir BBC, Senin (18/6/2012), tiga ekor beruang hitam dihadapkan pada serangkaian tes berbasis nomor pada komputer layar sentuh. Mereka harus memilih diantara dua kelompok titik dengan ukuran yang berbeda. Apabila beruang tersebut menjawab dengan benar, mereka akan dihadiahi dengan makanan.

Beruang hitam Amerika Utara adalah hewan pertama yang dilatih untuk memahami proses dan peralatan yang dilibatkan dalam tes. "Orang umumnya tidak memahami mereka, (sebagai hewan) yang cerdas," kata Asisten Profesor, Jennifer Vonk di Oakland University.

Meskipun beruang memiliki ukuran otak yang relatif terbesar dari jenis hewan karnivora, namun sisi kognisi mereka belum dipahami dengan baik. "Ini karya yang diterbitkan pertama dengan beruang yang bekerja pada layar sentuh," tuturnya.

Percobaan kemudian melibatkan beruang dengan dua set atau "array" (susunan) simbol titik-titik. "Pada dasarnya, kami melihat apakan beruang itu bisa memahami untuk memilih (susunan titik itu) dengan lebih sedikit atau lebih," terangnya.

Beruang menunjukkan bahwa mereka menyentuh layar untuk memilih satu atau susunan lain. Satu beruang dihadiahi makanan, karena menyentuh layar dengan jumlah simbol titik-titik yang lebih banyak. Sedangkan dua beruang lainnya, diberikan tes berbeda dengan jawaban yang benar adalah susunan jumlah simbol titik yang sedikit.

Tim peneliti ingin memastikan bahwa binatang tersebut tidak hanya memperkirakan besarnya jumlah. "Kami sesungguhnya mencoba untuk membedakan antara kemampuan perseptual (memahami) jumlah, (dengan) kemampuan menghitung sejumlah barang," pungkasnya. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar