Selasa, 26 Juni 2012

Widbook, Jejaring Sosial Pecinta Buku


detail berita
capture
WASHINGTON - Benarkah para pengguna jejaring sosial umumnya tidak suka sesuatu yang terlalu panjang? Tampaknya ini mesti dipikir ulang. Pasalnya, sebuah situs jejaring sosial baru bernama Widbook, kini hadir sebagai platform untuk saling berbagi buku.

Ketika Okezone mencoba mengunjunginya di alamat www.widbook.com, situs ini menyambut dengan tagline "write, read and share." widbook dikatakan merupakan jejaring sosial untuk menemukan buku, mempublikasikannya sendiri dan menyebarkan ide-ide.

Pengguna bisa bergabung dengan mudah ke dalam jejaring sosial ini. Hal yang diperlukan hanyalah nama, alamat email serta kata kunci yang ingin digunakan. Setelah mendaftarkan semua itu, maka pengguna akan diantar menuju halaman berikutnya.

Kemudian pengguna bisa mencari teman Facebook-nya yang telah aktif dalam Widbook dan tetap terhubung. Hal yang paling menyenangkan dari tahapan ini adalah, pengguna bisa memilih genre tulisan favoritnya dari beberapa opsi, misalnya "Literature", "Sports" dan "Technology & Internet".

Tidak hanya sekedar menulis, pengguna juga meng-update status serta membaca buku karya pengguna lain. Sebelum menulis sebuah buku, pengguna bisa mengatur siapa saja yang boleh melihat buku karyanya dan bolehkah orang berkomentar mengenai buku itu.

Fitur yang menarik adalah kolaborasi yang memungkinkan sesama pengguna Widbook menulis dalam satu buku digital. Fitur kolaborasi ini membuat Widbook layaknya sebuah crowdsourcing. Pengguna yang mengaktifkan fitur ini bisa merevisi tulisan orang lain dalam bukunya, agar tetap sesuai dengan tema.

Dilansir Mashable, Sabtu (2/6/2012), pengguna juga bisa mempublikasikan bab yang telah ditulisnya, meski masih belum selesai. Selain itu juga ada pilihan untuk membagikan buku itu pada jejaring sosial lain seperti Facebook, Twitter, Google+ serta Pinterest.

Saat ini situs Widbook masih dalam bentuk beta. Jika menulis sebuah buku, pengguna belum bisa mengeluarkannya dari dalam situs. Namun, fungsi ini akan tersedia setelah Widbook meluncur keluar dari versi beta. Situs ini dibuat oleh start up Incubator Y Combinator yang juga mengelola Reddit dan Dropbox di masa awal. (yhw)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar