Selasa, 26 Juni 2012

iTunes, Lebih Dari Sekedar Aplikasi Multimedia Player


Siapa yang tak kenal software multimedia player iTunes?  Aplikasi pemutar file multimedia besutan Apple ini tentu sudah tidak asing lagi bagi pengguna Mac atau pengguna gadget keluaran Apple.
iTunes adalah software multimedia player yang mampu memainkan beragam file multimedia dan dilengkapi fitur-fitur yang sangat lengkap sehingga membuat iTunes lebih dari sekedar pemutar file multimedia.
Awalnya iTunes bernama SoundJam MP yang dikembangkan oleh Bill Kincaid dan dirilis oleh Casady & Greene pada tahun 1999. SoundJam MP kemudian berganti nama menjadi iTunes setelah Apple membelinya pada tahun 2000.
Apple membuat iTunes versi awal menjadi lebih sederhana dengan menambah fungsi pembakar CD dan menghilangkan fungsi perekaman.
Saat ini iTunes merupakan software multimedia player paling populer dikalangan pengguna Mac dan kini telah merambah ke pengguna Windows.
Tampilan Aplikasi
iTunes hadir dengan tampilan khas Apple Mac OS yang elegan dan mengusung antarmuka yang sederhana namun cukup mudah digunakan.
Pada bagian atas terdapat tombol khas pemutar multimedia yang terdiri dari play/pausenext track dan previous track kemudian disusul playing status yang menampilkan detail informasi track yang sedang diputar.
Software iTunes dilengkapi sidebar yang menampilkan berbagai kategori seperti Libraryplaylist, genius dan dibagian bawah terdapat icon-icon seperti shufflecreate playlist dan sebagainya untuk memudahkan akses pengguna.
Fitur iTunes
iTunes hadir dengan dibekali fitur-fitur yang kompleks untuk ukuran multimedia player. iTunes tak hanya berfungsi untuk sekedar memutar file musik atau video, tapi iTunes dilengkapi kemampuan manajemen serta sebagaisoftware yang menjembatani transfer file ke perangkat Apple lainnya.
Aplikasi iTunes memiliki kemampuan manajemen file multimedia yang hebat berkat dukungan dari iTunes Library yang memungkinkan iTunes membuat virtual library yang memungkinkan pengguna untuk mengakses metadataatau tag pada file multimedia yang dimiliki.
iTunes memiliki fitur bernama “Genius”, fitur ini hadir sejak rilisnya iTunes versi 8. Genius ini mampu melakukangenerate playlist dari library pengguna berdasarkan kemiripan karakter lagu yang dipilih.
Kualitas suara iTunes pun juga cukup superior dengan dilengkapi berbagai dukungan fitur sound enhancement,equalizersound check serta fitur crossfade.
Apple juga membekali iTunes dengan segudang kemampuan seperti menampilkan TV Shows secara streaming, internet radio, podcast, iBook, iTunes Cloud, import/export playlist serta kemampuan CD burning.
Melalui iTunes, pengguna juga dapat langsung terhubung dengan iTunes Store untuk mengunduh ebook, aplikasi atau file musik tanpa harus menggunakan aplikasi lain.
iTunes mendukung berbagai file multimedia seperti MP3, AIFF, WAV, MPEG-4, AAC dan M4a serta dukungan terbatas untuk format OGG Vorbis dan FLAC. iTunes juga memiliki kemampuan untuk menkonversi file musik ke format AAC.
Sinkronisasi Dengan Perangkat Apple
Sejak iTunes versi 2, Apple melengkapi kemampuan pemutar multimedia ini dengan kemampuan sinkronisasi dengan perangkat MP3 player besutan Apple, iPod.
Seiring berkembangnya perangkat Apple, iTunes memiliki kemampuan untuk melakukan sinkronisasi dengan berbagai perangkat canggih Apple seperti iPod, iPhone dan iPad.
Melalui software iTunes ini, pengguna gadget Apple dapat melakukan transfer musik, video, movie, podcast serta aplikasi dari iTunes ke iPod, iPad dan iPhone atau sebaliknya. Kemampuan inilah yang membuat software ini wajib dimiliki oleh pengguna gadget Apple.
Sejak iTunes 4.1, Apple memutuskan untuk menghadirkan aplikasi iTunes untuk platform PC Windows, sayangnya hingga sekarang Apple tidak menghadirkan aplikasi canggih ini ke sistem operasi open source, Linux.
Anda penasaran ingin mencoba iTunes? Silahkan download disini. iTunes tersedia untuk Mac OSX, Windows XP, Vista dan Windows 7.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar