Kamis, 12 April 2012

Ada Ikan Lele Lapis Baja

lele baja 278x300 OMG!!! Ada Ikan Lele Lapis Baja

Spesies Lele baru dengan mulut penghisap yang masuk ke golongan armored catfish ditemukan di Ekuador. Armored Catfish adalah lele yang tubuh bagian luarnya dilapisi pelat tulang keras, sebab itu mereka juga sering disebut lele lapis baja. Publikasi penemuan ikan lele ini dilakukan lewat jurnal Zootaxa, 22 Maret 2012.
Windson Aguirre, ilmuwan dari DePaul University menemukan 5 ekor spesies lele ini di sunagi Santa Rosa pada 2008. Ikan yang ia temukan ini kemudian ia kirim ke Auburn Univeristy di Alabama untuk diidentifikasi.
“Saat kami menyadari bahwa ini baru, sebenarnya tak begitu terkejut. Famili ikan ini bertambah jumlahnya tiap tahun,” ucap pimpinan riset, Milton Tan dari Auburn University.
Spesies lele baru ini diberi nama Cordylancistrus santarosensis, sesuai nama sungai tempat ditemukan. Diperkirakan ikan lele aneh ini adalah penghubung yang hilang antara ikan genus Cordylancistrus lainnya dan Chaetostoma yang punya tulang keras di bagian tersebut.
“Ini penting karena spesies ikan di Ekuador tak terlalu beragam, (dan kami ingin) orang mengetahui (ada ikan) di Ekuador yang unik dan hanya ditemukan di sana,” tutur Tan seperti dikutip National Geographic

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar