Selasa, 10 April 2012

Facebook Beli Instagram Seharga 1 Miliar Dolar

d882Instagram Photos Facebook Facebook Beli Instagram Seharga 1 Miliar DolarKabar terbaru datang dari pihak Facebook, Mark Zuckerberg CEO dari Facebook, baru-baru ini Dia mengumumkan bahwa jejaring sosial miliknya di dunia internet telah membeli Instagram, sebuah aplikais layanan berbagi foto yang sangat populer dengan hampir 1 milliar dollar. Pembelian tersebut menggunkan uang kas dan juga saham, dan ini merupakan aksi akuisisi Facebook hingga sampai saat ini.
Beberapa hari sebelumnya, Instagram sendiri sudah merilis aplikasi mereka untuk Android yang sudah memperoleh banyak perhatian. Selain itu, Instagram sendiri beberapa waktu yang lalu telah melakukan sebuah pencarian dana investasi dari berbagai venture investor sehingga Instagram sendiri memiliki nilai 500 juta dollar. Dan ini berarti nilai Istagram tersebut melejit hampir dua kali lipat hanya dalam hitungan hari.
Menurut Mark Zukerberg sendiri, pembelian yang merupakan batu loncatan penting bagi Facebook karena merupakan pertama kalinya mereka membeli sebuah produk dan perusahaan dengan pengguna yang sangat banyak. Menurutnya, salah satu orang menyukai Facebook adalah untuk berbagi foto sebaik-baiknya, dan mereka juga tahu bahwa membawa keduanya ke dalam Facebook merupakan sebuah upaya yang sangat masuk akal dan perlu diperhatikan.
Facebook juga mengatakan bahwa Instagram akan terkukung di dalam Facebook, namun tetap ia bisa tumbuh secara independen. Berbagai jutaan orang di seluruh dunia mencintai aplikasi Instagram ini dan merknya, oleh karena itu pulalah perusahaan tetap berupaya untuk segera menyebarkan aplikasi dan nama Istagram ke lebih banyak orang lagi, imbuhnya. Instagram sendiri juga telah mengatakana hal serupa yaitu bahwa penting untuk dijelaskan bahwa Instagram tidak akan pergi kemana-mana.
Instagram adalah sebuah perusahaan kecil dan muda namun perusahaan ini memiliki basis pengguna yang sangat besar. Sejak di dirikan dua tahun yang lalu oleh Systrom dan Krieger, aplikasi berbagi foto ini telah memiliki pengguna sebesar lebih dari 30 juta di platform ios. Pekan lalu Instagram telah merilis versi Android dan sudah meraih lebih dari 1 juta pengguna dalam 12 jam saja sejak perilisannya.
Berkat pemberliannya ini, CEO dari Instagram Kevin Systrom dan juga para karyawannya akan memdapatkan keuntungan yang banyak. CEO Systrom memiliki saham 40% sehingga dirinya juga akan memperoleh uang besar hingga mencapai 400 juta dollar. Co-founder Mike Krieger juga memiliki saham sekitar 10% sehingga dirinya juga dapat memiliki uang sekitar 100 juta dollar. Bechmark Capital, salah satu perusahaan yang menyuntikan dana ke Instagram juga memilki andil sekitar 18% sehingga dirinya memperoleh laba hampir 180 juta dollar.
Sedangkan Andreessen Horowitz dan juga Baseline Ventures, dua perusahaan investasi yang sama-sama juga mendukung Instagram, masing-masing dari dua perusahaan itu memiliki andil 10% sehingga membawa pulang uang sekitar 100 juta dolar. Sementara itu 13 karyawan perusahaan akan memperoleh bagian dari sekitar 100 juta dolar uang yang disediakan, yang telah disesuaikan dengan masa kerja mereka di Instagram.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar