Senin, 09 April 2012

Malware Baru Siap Ancam Android

9d25Android Malware1 Malware Baru Siap Ancam Android
Beberapa waktu yang lalu News menulis sedikit tips singkat tentang cara menghindari aplikasi yang diduga mengandung malware.
Kini beberapa peneliti keamanan, menemukan beberapa malware baru yang diindikasi mengancam Android pada sebuah aplikasi.
Dengan malware ini, peretas dapat mengontrol sebuah perangkat lunak yang dapat diinstal tanpa harus meminta persetujuan pengguna.
Malware ini dikenal dengan nama Legacy Native atau kerap disebut dengan LeNa. Malware tersebut telah menyerang beberapa pengguna,” tegas Tim Wyatt, Principal Engineer dan Mobile Security Specialist Lookout.
Ia melanjutkan, LeNa akan menyamar menjadi sebuah aplikasi yang sah dan mencoba untuk mengelabui pengguna dengan mengaktifkan payload.
Fitur Super User akan dimanfaatkan dalam sistem operasi Android yang telah di-rooted sebelumnya. Celakanya, ancaman ini hanya bisa diantisipasi oleh pengguna Android yang sangat mahir.
Apa artinya? Bagi Anda yang memiliki pengetahuan yang terbatas soal Android sangat rawan akan seranganmalware LeNa.
Namun jangan khawatir. Malware ini masih belum muncul di Google Play. Dengan demikian malware hanya akan menyerang di perangkat Android yang mengunduh diluar Google Play.
Tim Wyatt memberikan sedikit saran dan tips bagaimana mencegah masuknya malware LeNa. Antara lain:
  • Waspada di segala aktivitas aplikasi yang tidak wajar. Seperti akses jaringan, SMS, telepon, atau kegiatan apapun yang terjadi saat ponsel Android Anda sedang terkunci.
  • Periksa permission aplikasi atau hak akses saat aplikasi memintanya.
  • Unduh hanya di lokasi terpercaya dan resmi. Sebut saja Google Play.
  • Dan yang paling penting, perkuat amunisi Android Anda dengan perangkat keamanan. Software ini akan memindai setiap aplikasi yang dibenamkan ke Android Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar