Kamis, 19 April 2012

Windows 8 Akan Hadir dalam Tiga Versi

detail berita
Windows 8 (foto: Apple Insider)
WASHINGTON - Microsoft baru-baru ini mengungkap sistem operasi generasi terbaru besutannya akan hadir dalam tiga versi, yaitu Windows 8, Windows 8 Pro dan Windows RT.

Diwartakan Apple Insider, Selasa (17/4/2012), perusahaan yang bermarkas di Redmond itu mengumumkan rencana penamaan tersebut melalui blog resminya.

"Windows 8 adalah nama resmi produk generasi mutakhir Windows edisi x86/64. Ini akan jadi pilihan yang tepat bagi banyak konsumer," tulis Communication Manager Microsoft, Brandon LeBlanc.

Sedangkan edisi Pro sudah termasuk seluruh fitur di Windows 8 serta enkripsi, virtualisasi, PC management dan kkonektivitas domain. Sebuah add-on media pack untuk Windows 8 Pro akan menambahkan fungsi Windows Media Center. Menurut LeBlanc, edisi ini ditujukan pada kalangan bisnis.

Kemudian, edisi Windows RT akan menjadi sistem operasi besutan Microsoft yang bisa dipasangkan dengan arsitektur ARM.

"Edisi ini hanya akan tersedia secara pre-installed pada PC dan tablet yang ditenagai prosesor ARM. Selain itu akan membantu mewujudkan bentuk yang lebih tipis dan ringan dengan daya tahan baterai lebih tinggi," tambahnya.

Windows RT dikatakan akan menyertakan optimisasi fungsi sentuh di aplikasi Microsoft Office versidesktop, termasuk Word , Excel, PowerPoint dan OneNote. Sistem operasi ini tidak akan menyertakan Windows Media Player di dalamnya.

Selain itu, windows versi ARM tidak akan mendukung instalasi software desktop versi x86/64. Di sisi lain, Microsoft berencana memfokuskan para pengembang ke arah WinRT. Ini adalah runtime baru untuk Windows yang akan membentuk pondasi segala aplikasi cloud-enabled, touch-enabled dan web-connected(fmh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar