Kamis, 19 April 2012

Smartphone Berbasis Intel Atom Pertama Di Dunia Akan Diluncurkan Minggu Ini

b757Intel Meldfield Smartphone Berbasis Intel Atom Pertama Di Dunia Akan Diluncurkan Minggu Ini
Intel tampaknya tertarik dengan ramainya pasar smartphone dengan meluncurkan platform “Medfield” SOC (System On Chip) yang menggunakan arsitektur x86 pertama di dunia dan akan diluncurkan minggu ini.
Berbeda dengan produsen prosesor untuk smartphone lain seperti Qualcomm, Samsung dan Nvidia yang menggunakan arsitektur ARM, Intel mengusung arsitektur x86 yang sama dengan yang biasa digunakan di komputer.
“Kami mengharapkan untuk melihat satu tonggak penting bagi bisnis kami di akhir pekan ini dengan meluncurkan smartphone Android berbasis arsitektur Intel pertama di dunia,” kata Paul Otellini, CEO Intel.
Mulai kuartal kedua tahun 2012 perusahaan seperti Lava, Orange, ZTE, Motorola Mobile dan Lenovo berencana merilis smarthphone berbasis x86 Intel “Meldfield” yang menggunakan Intel Atom Z2460.
Tiga perusahaan pertama diatas akan menggunakan desain referensi dari Intel dengan menambah fitur-fitur mereka sendiri, sedangkan Lenovo dan Motorola akan mengembangkan desain sendiri.
Lenovo dan Motorola akan mengembangkan smartphone berbasis Intel Meldfield dengan desain sendiri dan menambahkan berbagai fitur khas masing-masing serta mengatur sendiri kemampuan yang dimiliki smartphone-nya.
Desain referensi Intel berdasarkan platform Meldfield ini akan ditenagai prosesor Intel Atom Z2460 SOC dengan kecepatan 1,6GHz.
Grafis menggunakan PowerVR SGX yang telah mendukung OpenGL ES 2.0 dan OpenGL 2.1 dengan kecepatan 400MHz serta mendukung akselerasi untuk memutar video HD 1080p.
Smartphone referensi Intel akan dilengkapi memori kontroler 32bit LPDDR2 serta mendukung HSDPA atau 3,5G dengan bantuan chip Intel XMM 6260 communication processor.
Seperti yang dikutip dari Xbitlabs, smartphone referensi Intel ini dilengkapi layar sebesar 4,03 inci, kamera 8MP daan sistem operasi Google Android 4.0 Ice Cream Sandwich.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar