Senin, 02 April 2012

XL Tingkatkan Kualitas Layanan Pelanggan

detail berita
Ka-Ki : I Made Hartawijaya, Ongki Kurniawan (foto: Ahmad Luthfi/okezone)
JAKARTA - Seiring meningkatnya pelanggan yang memanfaatkan layanan data dan internet, maka XL melakukan inovasi untuk meningkatkan kualitas layanan. Terobosan inovatif terbaru yang dikenalkan XL antara lain fasilitas cek kuota internet dan otomatisasi setting internet.

"Total jumlah pelanggan XL terus bertambah, demikian juga dengan jumlah pelanggan layanan data dan internet. Karena itu kami melakukan terobosan untuk meningkatkan kualitas dan kinerja pada unit layanan pelanggan," ujar Ongki Kurniawan, direktur service management XL di Menara Prima, Jakarta, Rabu (28/3/2012).

Peningkatan layanan ini diantaranya, fasilitas cek kuota yang telah dimulai sejak Januari 2012. Optimisasi ini akan membantu mempermudah pelanggan dalam mengontrol sendiri pemakaian layanan datanya.

Melalui fasilitas tersebut, pelanggan bisa mengecek kuota layanan internet yang dipakainya. Ada tiga cara, yaitu dengan melalui Ussd Menu Browser (UMB) ketik *123# langsung dari handset pelanggan atau SMS "KUOTA" kirim ke 868 atau bisa juga melalui alamat http://123.xl.co.id.

Ongki menjelaskan, sejak peningkatan fasilitas tersebut, tingkat keberhasilan dalam pengecekan sebelumnya yang hanya 60 persen, meningkat menjadi 97 persen. Kini, jumlah akses per hari dari informasi quota untuk SMS sebanyak 6000, UMB 70 ribu dan Web info 750 ribu.

Untuk otomatisasi setting internet telah diterapkan oleh XL sejak akhir tahun lalu. Dengan otomatisasi ini, pelanggan yang hendak memanfaatkan layanan internet XL tidak perlu lagi melakukan pengaturan secara manual dengan konfigurasi APN yang rumit.

Penerapan kemudahan ini telah berhasil menurunkan jumlah keluhan hingga sekira 76 persen dari sebelumnya sebanyak 7900 keluhan pada oktober 2011, menjadi sekira 1900 keluhan pada bulan ini.

"Beli kartu XL, pakai semua jenis device, langsung bisa internetan, that's simple," tambah I Made Hartawijaya, vice president service strategy & arhitecture XL. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar