Jumat, 06 April 2012

50 Pengguna Media Sosial Bisa Nonton Peluncuran Roket NASA

detail berita
Roket Falcon 9 (Foto: Regmedia.co.uk)
WASHINGTON - NASA dan Space Exploration Technologies (SpaceX) mengundang 50 orang dari pengikut media sosial, selama dua hari (29 & 30 April 2012). Orang-orang yang beruntung ini dapat menghadiri demonstrasi penerbangan Commercial Orbital Transportation Service (COTS) kedua pada Kennedy Space Center di Florida.

Event yang diselenggarakan ini dikhususkan untuk pengguna media sosial yang juga memiliki akun di NASA Social (followers). Untuk acara ini, penggemar dan pengikut dari jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan Google+ yang memenuhi syarat dipersilakan mendaftar. Para peserta ini memiliki pengalaman yang unik dengan SpaceX dan NASA yang mana mereka punya dorongan untuk berbagi dengan orang lain melalui jaringan sosial favorit mereka.

Seperti dilansir Redorbit, Kamis (5/4/2012), para tamu ini akan melihat peluncuran, perjalanan tur seputar fasilitas NASA di Kennedy, berbicara dengan perwakilan dari kedua organisasi (NASA dan SpaceX) serta melihat landasan peluncuran roket SpaceX. Selain itu, mereka juga dapat bertemu dengan orang-orang yang memiliki minat serupa yang juga aktif di media sosial, bertemu dengan anggota SpaceX dan tim media sosial NASA.

Rocket Falcon 9 dari SpaceX ini ditargetkan akan meluncur pada pukul 12.22 p.m, menurut waktu Eastern Daylight Time (EDT) pada 30 April 2012. Hal ini akan menandakan perusahaan komersial pertama yang mengirimkan pesawat antariksa ke International Space Station.

Registrasi online dibuka pada 5 April dan ditutup keesokan harinya. Hanya disediakan waktu satu hari dan 50 peserta yang telah diseleksi ini berkesempatan untuk dapat menjelajahi kantor luar angkasa terkemuka tersebut. Karena bagian-bagian dari rangkaian acara ini bertempat di area khusus, sehingga pendaftaran dibatasi hanya untuk warga negara Amerika Serikat.

Selain itu, SpaceX juga akan meluncurkan pesawat ruang angkasa yang bernama Dragon. Peluncuran ini untuk menguji pesawat tersebut bisa melaju dengan mulus menuju stasiun luar angkasa. Tujuan peluncuran ini juga untuk membuktikan pengoperasian sensor dan sistem penerbangan bekerja dengan baik hingga pesawat luar angkasa itu kembali lagi ke Bumi.

Kabar sebelumnya mengungkap, NASA dan SpaceX tengah mengusung perjalanan wisata ke planet Mars yang melibatkan kapal ruang angkasa Dragon dan roket Falcon 9. Adanya pesawat pengangkut dan roket canggih tersebut memungkinkan diselenggarakannya wisata ruang angkasa ke planet Mars dengan biaya yang diklaim murah, yaitu sebesar USD500 ribu. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar