Minggu, 25 Maret 2012

Bayi Mengerti Kata Dasar Sejak Berusia 6 Bulan


detail berita
Ilustrasi (Foto: Reuters)
CALIFORNIA - Anak-anak dapat memahami kata-kata dasar seperti 'apel' dan 'tangan' pada usia enam bulan. Para peneliti mengklaim, bahwa itu hampir dua kali lebih awal yang diperkirakan sebelumnya.

Meskipun kebanyakan anak tidak berbicara kata-kata bermakna hingga ulang tahun pertama mereka, temuan ini menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus, mereka bisa memahami apa yang orang dewasa maksud.

Ini bertentangan dengan konsensus bahwa meskipun bayi dapat memahami unsur-unsur bunyi dalam bahasa ibu mereka pada umur antara enam dan sembilan bulan, mereka tidak sepenuhnya memahami makna dari ucapan hingga ulang tahun pertamanya.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Proceedings of The National Academy of Science, 33 bayi berumur enam sampai sembilan bulan diuji pada pemahaman mereka tentang kata benda umum, seperti makanan atau bagian tubuh.

Anak-anak ditunjukkan sebuah layar yang memperlihatkan dua gambar, seperti apel dan tangan. Kemudian sang ibu akan bertanya pada mereka di mana letak salah satu objek. Para peneliti mengikuti gerakan mata bayi dan menemukan bahwa 26 dari 33 anak berusia enam hingga sembilan bulan cenderung melirik gambar yang benar, dengan frekuensi yang tidak mungkin sebuah kebetulan.

Daniel Swingley, salah satu peneliti dari University of Pennsylvania mengatakan, "Saya pikir studi ini menyajikan pesan yang bagus untuk orang tua. Anda dapat berbicara dengan bayi dan mereka akan memahami sedikit dari apa yang Anda ucapkan."

"Mereka tidak akan memberi kita jawaban cerdas yang cepat, tapi mereka memahami beberapa hal. Dan semakin banyak mereka tahu, semakin mereka dapat membangun dari apa yang mereka ketahui," pungkas Swingley, seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (16/2/2012). (tyo
)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar