Sabtu, 31 Maret 2012

CEO Apple Bertemu Wakil Perdana Menteri Tiongkok



detail berita
Tim Cook (Foto: Reuters)

BEIJING – Sebelumnya dilaporkan kunjungan Chief Executive Officer Apple, Tim Cook ke China untuk berunding dengan pejabat pemerintah setempat. Kini diketahui bahwa dalam lawatannya di Negeri Tirai Bambu, Cook juga bertemu dengan Wakil Perdana Menteri China, Li Keqiang.

Dilansir dari Bloomberg, Rbu (28/3/2012), menurut juru bicara Apple di Beijing, Carolyn Wu,  Cook dan Li mengadakan ‘pertemuan besar’. Namun dia menolak memberikan rincian pembicaraan Cook dan Li serta dengan Walikota Beijing Guo Jinlong, sehari sebelumnya.

Berdasarkan peniliaian Li Cheng, seorang rekan senior di Brookings Institution, pertemuan dengan Li memberikan Cook kesempatan untuk membangun hubungan pribadi dengan kandidat utama pengganti Wen Jiabao, sebagai Perdana Menteri China pada Maret mendatang.

Tapi hubungan Apple dengan para pejabat China memancing kritik dari kreditur perusahaan yang sedang berjuang melawan Apple untuk merek dagang iPad di China. Menurut President Hejun Vanguard Group, yang merupakan kreditur dari Proview International Holdings, Li Su, Cook ada dalam ‘kampanye hubungan politik publik’ untuk pertempuran hukum atas merek dagang.

Seperti diketahui Apple dan Proview sedang berada dalam hubungan ‘panas’, yaitu sengketa mereka dagang iPad di China. Pernyataan itu juga telah dikonfirmasi lewat email oleh Vice President Hejun Vanguard, Huang Yiding.

Sebelumnya pada 2009, Apple mengatakan telah membeli hak merek dagang ‘iPad’ di China dari Proview. Tapi sebuah pengadilan di Shenzhen pada November lalu memutuskan, perjanjian Apple dengan ‘sister company’ Taiwan itu tidak sah karena yang memiliki unit tidak termasuk di dalamnya. Kemudian Apple mengajukan banding atas keputusan tersebut pada 29 Februari dan keputusan akan jatuh tempo dalam tiga bulan.

Sementara itu ketika dimintai komentar atas pernyataan Li tadi, Wu hanya mengatakan bahwa Proview telah menyesatkan pengadilan China dan pelanggan.
(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar