Sabtu, 31 Maret 2012

Gandeng BBC, Microsoft Garap Konsol Pendidikan



detail berita
Xbox Live (Foto: Newgadget.org)

CALIFORNIA - Microsoft dikabarkan akan menggandeng kemitraan konten dan pemasaran untuk mengubah Xbox dari konsol game hiburan menjadi konsol yang lebih mendidik.

Seperti dilansir Marketingmagazine, Rabu (14/3/2012), sebelumnya desas-desus mengenai kemitraan media ini telah dikabarkan pada Oktober tahun lalu, namun berkembang isu yang mengarah kepada model freemium di Xbox, yang mana gamer dapat memainkan game melalui internet secara gratis namun berbayar untuk konten video.

Sejauh ini diketahui Microsoft Xbox akan menyediakan BBC iPlayer mulai minggu depan dan menargetkan para orang tua dengan menambahkan konten pendidikan interaktif untuk anak-anak melalui kemitraan, dengan program tayangan Sesame Street.

BBC iPlayer, atau biasa disebut iPlayer itu sendiri merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan oleh BBC untuk perangkat mobile iPad dan Android, aplikasi itu membuat pengguna dapat menonton TV dan melihat program-program kesayangannya.

Sumber mengatakan, teknologi sensor gerak Kinect milik Xbox akan memungkinkan penciptaan perangkat setengah TV dan setengah game pada Xbox, yang mana program tayangan mendidik tersebut akan mengajarkan anak-anak tentang subjek-subjek pengetahuan seperti geografi, belajar membaca, dan elemen bermain sambil belajar lainnya, termasuk saluran National Geographic dan Disney juga menjadi mitra kontennya.

Dikabarkan BBC iPlayer ini akan tersedia melalui XboxLive yakni layanan online untuk Xbox 360 yang tersedia mulai minggu depan, setelah kedua perusahaan menyelesaikan isu maupun perjanjian mengenai konten BBC tersebut.

Sementara itu, pada akhir tahun lalu, dilaporkan Xbox Live memiliki 35 juta pengguna global dan rumor yang berkembang, dengan jumlah pengguna yang besar tersebut, maka akan diluncurkan sistem rental film untuk menantang Apple dan Amazon. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar