Sabtu, 31 Maret 2012

Pembuat PC Berjuang untuk Menandingi iPad



detail berita
iPad (Foto: Google)

CALIFORNIA - Dominasi perangkat tablet kian menggempur pasar komputer. Dikabarkan, kuartal ke empat tahun lalu, Apple telah menjual 15,4 juta unit iPad. Jumlah angka yang besar ketimbang penjualan PC (Personal Computer).

Seperti dilansirSFgate, Senin (26/3/2012), sepanjang industri PC yang kini masih bertahan, perangkat tablet (seperti iPad) bisa menjadi bencara besar. Dalam beberapa tahun terakhir, pembuat PC sangat bergantung pada konsumen perusahaan untuk mempertahankan pangsa pasar yang kian menyusut.

Bila sebagian besar pengguna mulai beranjak menuju perangkat mutakhir yang bisa dibawa kemananapun mereka mau (mobile), maka hadirnya iPad bisa menjadi sebuah jawaban. Bahkan, jika seseorang menganggap iPad sebagai pengganti PC maka Apple juga telah membesut iMac dan MacBook sebagai perangkat PC terbesar di dunia.

"Seluruh industri sedang berpikir keras mencoba mencari cara untuk bersaing dengan Apple. Anda bisa melihat ketakutan di mata mereka," ujar Robert Brunner, mantan kepala desain dari Apple

Menurut riset Gartner, bagian yang paling menakjubkan era iPad ini adalah bagaimana Apple dapat mengontrol (pangsa pasar) itu. Selain itu, ada banyak ponsel pintar di pasar saat iPhone keluar pada 2007 dan dengan cepat menarik pesaing baru, terutama perangkat yang berjalan di sistem operasi Android.

Apple mengumumkan telah menjual 3 juta perangkat new iPads dalam waktu seminggu setelah perilisannya. Menurut analis, Piper Jaffray Gene Munster, produk iPad generasi ketiga tersebut diprediksi mendatangkan keuntungan penjualan sebesar USD38 miliar di tahun ini.

Meskipun banyak tablet baru yang diproduksi Samsung, HTC, Motorola Mobility, HP, Dell dan lain-lain, namun iPad masih memegang 66 persen pangsa pasar. Dominasi Apple di segmen tablet tentu merupakan pukulan bagi produsen PC.

Pesaing terbesar yang kemungkinan dapat bertanding dalam dominasi perangkat komputer adalah Microsoft. Dikabarkan musim gugur ini, raksasa perangkat lunak tersebut berencana memperkenalkan Windows 8. Sistem operasi tersebut merupakan produk andalan yang dirancang untuk berjalan di kedua perangkat, PC dan tablet.
(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar