Minggu, 25 Maret 2012

10 Tempat yang Tak Boleh Dilihat di Google Maps

detail berita
Capture Google Maps Vlissingen
CALIFORNIA - Ingin melihat Menara Eiffel dari dekat tanpa harus ke Paris? Anda bisa melakukan tamasya virtual di Google Maps untuk mewujudkannya. Tapi tidak setiap tempat bisa terlihat di situs.

Diwartakan Mashable, Rabu (21/3/2012), untuk alasan keamanan, beberapa gambar tempat dalam Google Maps sengaja dibuat blur. Ini berarti, jika ingin melihat kota atau jalan-jalan di Korea Utara, keinginan Anda tidak akan terwujud lewat peta online Google itu.

"Citra satelit dan udara di Google Earth dan Google Maps berasal dari berbagai sumber, baik komersial dan publik," kata juru bicara Google Deanna Yick.

"Pihak ketiga yang menyediakan peta harus mengikuti hukum di negara mereka. Beberapa diantaranya mungkin mengaburkan gambar kemudian mengirimkan gambar tersebut pada kami," tambahnya.

Ketika Google Maps pertama kali diluncurkan, gambar Gedung Putih dan Gedung Capitol di Washington dibuat samar. Namun itu sudah dipulihkan.

Sekarang ada 10 tempat yang dibuat samar di Google Maps. Pertama adalah The Royal Residence di Belanda. Istana kerajaan Amsterdam yang disebut Koninklijk Paleis Amsterdam adalah tempat yang disamarkan dalam Google Maps. Tempat ini berhubungan dengan keluarga kerajaan Belanda, termasuk Kandang Kerajaan serta tempat hunian bernama Huis ten Bosch.

Kedua adalah Buffalo Niagara International Airport di New York. Sebagian besar disamarkan dengan warna putih. Ketika diperbesar detil lokasi juga tidak terlihat. Ketiga adalah Tantauco National Park di Chile. Taman nasional yang jadi rumah bagi banyak hewan terancam punah ini hanya bisa diketahui lewat markah di Google Maps.

Keempat adalah Keowee Dam di South Carolina. Tempat yang disamarkan ini adalah bendungan di danau Keowee. Bendungan tersebut membantu beroperasinya sebuah pembangkit tenaga Duke Energy.

Kelima adalah wilayah misterius di Rusia. Tidak diketahui alasan wilayah ini dibuat samar. Terlebih bila mengingat letaknya di tundra Siberia. Kota terdekat wilayah itu adalah Egvekinot, yang merupakan tetangga dari Alaska.

Keenam adalah Minami Torishima Airport di Jepang. Bandara ini terletak di pulau Minami Torishima, lepas pantai timur Jepang. Tempat yang digunakan oleh Japan Maritime Self-Defense Force ini disamarkan dengan warna putih.

Ketujuh adalah Michael Aaf Buliding di Utah. Ini merupakan wilayah yang ditempati US Army, tempat militer menguji senjata kimia dan biologis. Tempat ini disamarkan, nampaknya karena alasan keamanan.

Kedelapan adalah Cornell University Combined Heat and Power Plant di New York. Fasilitas ramah lingkungan mutakhir ini digunakan untuk memproduksi listrik dari gas alam. Tempat tersebut disamarkan dengan warna putih.

Kesembilan adalah kota Babylon di Irak. Tempat ini hanya terlihat mirip dengan lahan peternakan ketimbang diperlihatkan sebagai kota yang ramai. Terakhir adalah Vlissingen di Belanda. Di wilayah ini terdapat tanki minyak, beberapa markas tentara, serta markas angkatan udara. Tempat ini dibuat terlihat pecah-pecah (pixelated). (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar