Sabtu, 31 Maret 2012

Ubi-Camera, Mengubah Tangan Jadi ViewfinderKamera



detail berita
Ubi-Camera (Foto: Geeky Gadgets)
TOKYO – Para peneliti dari Institute of Advanced Media Arts and Science, di Ogaki, Gifu, Jepang meciptakan sebuah purwarupa tipe kamera terbaru. Adalah Ubi-Camera, yang memungkinkan memotret foto dengan menciptakan sebuah persegi panjang dengan tangan Anda.

Lalu bagaimana cara kerja purwarupa kamera ini?

Cukup dengan menghubungkan perangkat kamera tadi ke telunjuk dan kemudian bentuk sebuah persegi panjang dengan jari. Persegi panjang yang terbentuk dari jari-jari Anda tadi berfungsi sebagai jendela bidik (viewfinder) untuk kamera, sedangkan foto akan dipotret dengan menekan kamera menggunakan ibu jari.

Dilansir dari Mashable, Sabtu (31/3/2012), Ubi-Camera ini memiliki sensor yang terintegrasi sehingga bisa memberitahu jumah ruang antara kamera dengan wajah fotografer, dan menggunkan informasi tersebut untuk memotret.

Misalnya, ketika Anda memotret dengan wajah yang dekat ke kamera maka akan mendapatkan gambar sudut lebar. Lalu jika Anda memindahkan jari-jari lebih jauh, maka gambar akan dipotret dengan lebih dekat. Sedangkan untuk zoom pada foto hanya bisa dilakukan dengan menggunakan PC.

Para peneliti tadi melakukan demo singkat tentang kamera ini di DigInfo TV, yang memamerkan bagaimana cara kerja yang unik dari Ubi-Camera.

Sementara itu sensor jarak menggunakan teknologi inframerah, yang kadang sulit untuk mendeteksi wajah dan dapat dipengaruhi oleh cahaya. Nah, untuk hal ini para pengembang kamera mengharapkan untuuk memperbaruinya nanti.

Dalam bentuk purwarupa, kamera ini juga harus terhubung ke PC saat digunakan untuk memotret. Namun pengembang berharap, untuk membuat versi yang lebih baik dan dapat digunakan tanpa tergantung dengan komputer.
(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar