Sabtu, 31 Maret 2012

Hewan Punya Musik Favoritnya Sendiri



detail berita
ilustrasi (foto : Google)
WASHINGTON - Sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa hewan juga memiliki selera musik. Namun ketimbang menyukai musik rock atau klasik layaknya manusia, hewan cenderung menyukai dentuman suara drum.

Diwartakan LifeLittleMysteries, Rabu (28/3/2012), menurut Snowdon, ahli psikologi hewan di University of Wisconsin-Madison menemukan bahwa, hewan menikmati sesuatu yang disebut musik spesies. Ini berarti hewan cenderung menyukai nada, tempo dan jenis suara yang akrab di telinga spesiesnya.

Bagi manusia, musik adalah segala hal tentang tangga nada. Manusia menyukai musik yang sesuai dengan rentang akustik dan vokalnya, menggunakan suara yang dikenal, serta memiliki tempo mirip dengan detak jantungnya. Tapi bagi hewan, musik yang dibuat untuk manusia terdengar sebagai sesuatu yang tidak dikenal. Pasalnya, hewan memiliki rentang vokal dan detak jantung yang berbeda.

Snowdon bersama Teie telah melakukan riset dan membuat kompisisi musik untuk kucing, kemudian mempelajari bagaimana hewan itu meresponnya.

"Beberapa hal yang sedang kami kerjakan, antara lain adalah menyesuaikan musik dan menempatkannya pada frekuensi yang sesuai dengan rentang vokal kucing. Selain itu juga disesuaikan dengan detak jantung hewan itu saat istirahat, yang lebih cepat dua kali lipat dari detak jantung kita," tandas Snowdon.

"Kami menemukan bahwa kucing cenderung mendengarkan musik yang diaransemen sesuai dengan rentang frekuensi dan tempo mereka, ketimbang mendengarkan musik milik manusia," tambahnya.(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar