Senin, 26 Maret 2012

Kepler Temukan Planet Layak Huni

detail berita
Ilustrasi
MOUNTAIN VIEW - Teleskop Kepler milik NASA berhasil menemukan sebuah planet yang diduga bisa dihuni untuk kesekian kalinya.

Planet layak huni yang ditemukan oleh Kepler tersebut memiliki orbit yang hampir sama dengan matahari di bumi. Penemuan tersebut semakin mendekatkan para ilmuwan untuk menemukan sebuah planet yang mirip dengan bumi.

"Kami semakin mendekati untuk menemukan apa yang disebut 'planet Goldilocks'," ujar Pete Worden, Direktur NASA Ames Research Center di Moffet Field, California.

Penemuan planet di zona layak huni ini dinamai Kepler-22b. Planet yang memiliki orbit bintang seperti matahari tersebut terletak sekira 600 tahun cahaya dari bumi.

Radius planet Kepler-22b sekira 2,4 kali lebih besar dibandingkan Bumi dan memiliki temperatur yang hampir sama dengan bumi. Jika efek rumah kaca dioperasikan di planet tersebut seperti halnya di bumi, rata-rata suhu permukaan Kepler-22b mencapai 22 derajat celcius.

Kepler, yang diluncurkan pada 2009, telah mengorbit matahari antara Bumi dan Mars, mencari planet yang mirip dengan Bumi sejak 2010. Kepler telah menemukan lebih banyak planet kecil dibandingkan planet raksasa.

Seperti dilansir Space.com, Selasa (6/12/2011), sejauh ini Kepler telah menemukan 2,326 planet yang berpotensi layak huni dalam kurun waktu 16 bulan masa beroperasinya. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar