Minggu, 25 Maret 2012

Facebook Borong 750 Paten dari IBM?

detail berita
Ilustrasi (Foto: Reuters)

CALIFORNIA - Setelah digugat Yahoo, Facebook tampak sedang berusaha menambah portofolio properti intelektualnya. Raksasa jejaring sosial itu dikabarkan telah mengakuisisi ratusan paten dari International Business Machines Corp (IBM).

Menurut sumber, 750 paten yang dibeli dari IBM itu mencakup berbagai teknologi seperti pencarian untuk semikonduktor. Meski kabar pembelian paten ini telah menyeruak, tapi juru bicara Facebook saat ini belum ingin berkomentar sementara perwakilan IBM tidak bisa dihubungi untuk diminati tanggapannya.

Dilansir dari Reuters, Jumat (23/3/212), karena dari kedua belah pihak belum bisa memberikan tanggapan, sampai saat ini belum jelas berapa banyak kocek yang harus dirogoh Facebook untuk membeli paten IBM.

Belum jelas apakah langkah Facebook membeli paten dari IBM ini sebagai upaya pertahanan karena telah digugat oleh Yahoo. Seperti diketahui, Yahoo menggugat Facebook pada awal bulan ini dengan klaim bahwa perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu telah melanggar 10 patennya, termasuk beberapa diantaranya meliputi teknologi iklan online.

Sebuah pertahanan klasik untuk perusahaan yang ditargetkan dengan klaim paten adalah mengancam menggugat menggunakan patennya sendiri. Namun Yahoo memiliki paten jauh lebih banyak daripada Facebook.

Menurut basis data Pemerintah Amerika Serikat (AS), sebelum transaksi IBM, Yahoo memiliki lebih dari 3.300 paten dan aplikasi paten yang diterbitkan. Sedangkan Facebook memiliki 56 paten yang diterbitkan dan 503 aplikasi pada 31 Desember, yang diungkapkan oleh perusahaan itu dalam sebuah pengajuan terakhir pada US Securities and Exchange Commission.
(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar