Kamis, 31 Mei 2012

2014, Jaringan Data Mobile Overloaded



detail berita
Foto: Google
SAN FRANSISCO - Baru-baru ini, sebuah pertemuan di Amerika membicarakan soal ancaman overload data serta krisis jaringan yang mengancam spektrum. Dalam sebuah acara yang diadakan The Cellular Telecommunications and Internet Association (CTIA) di New Orleans, para ahli megungkapkan lalu lintas data mobile akan melebihi kapasitas pada 2014.

Para penyedia layanan internet menjelaskan, penyebab overload tersebut buah kebiasaan pelanggan pada pengguaan teknologi. Pada awal tahun ini, Siri –asisten digital- ditampilkan dalam iPhone terbaru Apple serta dipandang sebagai pelakunya. Demikian dilansir It Pro Portal, Senin (13/5/2012).

Pada jaringan Verizon, lalu lintas data mobile naik dua kali lipat setiap tahun.  keadaan ini sudah terjadi selama lima tahun terakhir. Verizon merupakan penyedia layanan internet di Amerika Serikat (AS). Bukan itu saja, saingan utamanya, AT & T, juga menghadapi situasi yang sama.

Pengguna ponsel telah “kecanduan” untuk melakukan video streamingdownload data dan upload. Situasi ini ditambah dengan keterbatasan tersedianya spektrum nirkabel sehingga menempatkan operator dalam posisi yang sulit.

Para penyedia layanan internet AS memperingatkan, jika mereka tidak mendapatkan akses ke spektrum nirkabel tambahan, lalu lintas data mobile akan melebihi kapasitas pada tahun 2014.

Untuk mencegah hal ini terjadi, US Federal Communications Commission harus menemukan cara untuk membebaskan spektrum 500Mhz sebagai tambahan untuk sepuluh tahun ke depan.
(fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar