Minggu, 06 Mei 2012

Touche, Ajari Benda Cara Membaca Sentuhan



detail berita
Touche (foto: The Verge)
NEW YORK - Para ilmuwan di Disney serta Carnegie Mellon University telah mencipatakan sebuah teknologi baru. Penemuan ini memanfaatkan Swept Frequency Capacitive Sensing yang membuat objek bisa merasakan sentuhan.

Diwartakan TechCrunch, Minggu (6/5/2012), dengan penerapan teknologi ini, sebagai contoh, sebuah gagang pintu akan mengetahui kapan mesti mengunci dan membuka kunci berdasarkan posisi jari penggunanya. Selain itu, juga memungkinkan pengendalian berdasarkan posisi tubuh.

Teknologi tersebut juga bisa menambahkan cara interaksi yang lebih menarik pada smartphone. Bahkan, permukaan air pun bisa diubah menjadi layar sentuh dengna mendaftarkan posisi tangan di dalam zat cair sebagai sebuah sentuhan.

"Ketika dikombinasikan dengan teknik pengenalan gesture, Touche menunjukkan tingkat pengenalan rata-rata mencapai 100 persen. Ini mengindikasikan bahwa teknologi ini bisa segera dipakai untuk menciptakan cara baru dan unik untuk orang berinteraksi dengan benda dan dunia," terang Senior Research Scientist di Disney Researh, Ivan Poupyrev.

Selain itu, teknologi Touche juga bisa merasakan posisi tangan. Implementasi hal ini membuat pengguna bisa menghidupkan mode mute pada ponsel genggam hanya dengan menutup telinga mereka. (fmh)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar