Minggu, 06 Mei 2012

Wah, Ada Ayam Karet Dikirim ke Luar Angkasa



detail berita
(Foto: Orange.co.uk)
CALIFORNIA - Ayam karet yang bernama Camilla dilekatkan pada balon helium untuk dikirim ke luar angkasa. Pengiriman tersebut dilakukan untuk menguji radiasi dari badai matahari.

Dilansir Orange, Selasa (24/4/2012), seorang pelajar dari California mengirim Camilla ke langit. Ayam karet tersebut akan terkena energi solar proton tingkat tinggi pada jarak ketinggian sekira 25 mil. Sebelum peluncuran, Camilla dibekali dengan baju luar angkasa serta lencana radiasi untuk menghitung tingkat radiasi yang akan terpapar.

Ayam itu juga dilengkapi perangkat modifikasi yang mengangkut empat buah kamera, termometercryogenic serta dua unit pelacak GPS. Sebelumnya, pengiriman serupa juga pernah dilakukan Camilla pada 3 Maret 2012 sebelum terjadinya badai matahari dan 10 Maret 2012, saat badai tersebut sedang berlangsung dengan hebat.

Kabarnya, Camilla akan kembali lagi ke Bumi setelah dua setengah jam berada di luar angkasa. Balon akan muncul seperti yang direncanakan dan Camilla mendarat kembali dengan selamat.

Percobaan ini dilakukan pelajar dari Bishop Union High School California, Amerika Serikat. Pengiriman Camilla ini merupakan bagian dari proyek Astrobiologi mereka. Akhir tahun ini mereka berharap meluncurkan spesies mikroba untuk mengetahui apakah makhluk hidup itu bisa bertahan hidup di luar angkasa.

Camilla sendiri merupakan maskot dari observatorium solar dynamics milik National Aeronautics and Space Administration (NASA). Ayam Karet itu memiliki lebih dari 20 ribu pengikut di situs jejaring sosial seperti Twitter, Facebook dan Google+. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar