Sabtu, 05 Mei 2012

Ilmuwan Bikin Speaker Setipis Kertas

detail berita
Speaker setipis kertas (foto: The Locals)

DRESDEN - Speaker berukuran besar yang memakan ruang sebentar lagi bisa saja menjadi artifak masa lalu.  Pasalnya, baru-baru ini sekelompok ilmuwan di Jerman Timur membuat speaker yang bisa di-print layaknya kertas.

Diwartakan The Locals, Jumat (4/5/2012), pengerjaannya dilakukan oleh tim dari Institute for Print and Media Technology di Chermnitz University of Technology, selama dua setengah tahun sampai akhirnya menjadi sebuah purwarupa.

Speaker yang memiliki ukuran setipis kertas itu dibuat dengan mencetak lapisan-lapisan polimer dan zat kimia konduktif menjadi selembar kertas.

"Sebuah kabel digunakan untuk memainkan musik dari komputer atau Mp3 player. Kabel tersebut menimbulkan getaran pada lapisan-lapisan yang sudah dicetak sehingga bisa mengeluarkan suara," tutur Georg Schmidt, anggota tim proyek tersebut.

Menurutnya, karena polimer dinilai cukup murah untuk membuatnya dalam ukuran besar, speaker cetak ini bisa menjadi alternatif yang layak serta lebih murah ketimbang speaker normal. Namun dengan catatan, Anda tidak keberatan kurangnya suara bass.

"Segera setelah membuatnya bisa digunakan, kami memakainya untuk mendengarkan radio sepanjang waktu di kantor kami. Mereka dapat membuat suara hingga 80 desibel, jadi cukup kencang untuk didengarkan di dalam ruangan," kata Schmidt. (fmh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar