Sabtu, 05 Mei 2012

Astronom Temukan Tiga Planet Berpotensi Layak Huni

detail berita
Ilustrasi (Foto: Google)

CALIFORNIA - Tim astronom internasional telah menemukan tiga planet yang menyerupai Bumi. Ketiga planet itu mengorbit pada matahari milik mereka sendiri dan tim astronom meyakini planet-planet tersebut kemungkinan bisa berpotensi layak huni.

Dilansir Intenational Business Times, Senin (30/4/2012), tim astronom dari Cornell University menggunakan bantuan spektrografi inframerah yang bernama TripleSpec di Mount Palomar Observatory, California. Temuan menunjukkan ketiga planet tersebut mengorbit dengan host starsmereka pada zona yang bernama Habitable Zones atau zona layak huni. Nama itu diberikan oleh tim astronom karena jarak orbit memungkinkan tersedianya air serta titik tertentu yang mereka percaya bisa berpotensi hadirnya kehidupan.

Host stars ini diberi kode KOI 463.01, KOI 812.03 dan KOI 854.01. Kode tersebut dibuat oleh tim yang merujuk pada karakteristik bintang M kerdil yang memiliki suhu lebih dingin, lebih kecil serta redup ketimbang matahari.

Tim astronom mengembangkan teknik TripleSpec tersebut untuk mengukur metallicities serta temperatur pada bintang M kerdil. Dengan menggunakan data dari TripleSpec, tim astronom menemukan tiga planet mirip Bumi yang memiliki ukuran, massa serta suhu yang juga ditemukan di Bumi.

KOI 463.01, KOI 812.03 dan KOI 854.01 berada di area antara konstelasi atau rasi bintang Cygnus dan Lyra. "Ada argumen yang cukup kuat bahwa sebagian besar planet di alam semesta sangat mungkin sebagai planet habitable zone (layak huni)," ujar Jamie Lyold dari asosiasi profesor astronomi di Cornell University.

"Jika kami melihat tanda-tanda oksigen di atmosfer planet-planet tersebut, ini akan menjadi langkah besar menuju identifikasi kehidupan extraterrestrial (kehidupan di luar planet Bumi yang ada di alam semesta ini)," tambahnya. (fmh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar