Kamis, 31 Mei 2012

Tiga Langkah Atasi Masalah Fotografi Pantai

detail berita
Ilustrasi (Foto: Mashable)
CALIFORNIA – Seharian di pantai, merupakan momen sempurna untuk mengabadikan kenangan lewat foto. Tapi masalahnya, kecerahan matahari yang terpantul ke pasir dan air seringkali mempengaruhi hasil foto.

Sebelum Anda mulai memotret di pantai, ada tiga masalah fotografi pantai yang umumnya sering terjadi dan berikut tips mengatasinya, seperti dilansir dari Mashable, Selasa (29/4/2012):

1. Foto over ekspose (cahaya yang berlebih): Kadang mode otomatis pada kamera dapat membuat foto menjadi over ekspose. Coba lakukan percobaan dengan pengaturan manual pada kamera.

Pertama, tentukan ISO kamera (pengaturan yang mengontrol sensitivitas kamera terhadap cahaya) ke nomor yang lebih rendah, seperti 100. Pengaturan ISO rendah merupakan yang terbaik untuk pencahayaan terang.

Sedangkan jika mempertinggi ISO, seperti 400 dapat digunakan saat pengambilan gambar dengan objek bergerak. Selanjutnya, untuk mengubah gambar seperti keadaan sore hari, maka Anda harus menyesuaikan pengaturan kamera dengan cuaca.

2. Gambar yang membosankan: Mengubah cara memotret laut menjadi lebih menarik. Anda bisa menemukan tempat menarik yang akan dijadikan fokus objek pada foto, apakah itu batu, ombak atau burung yang sedang terbang.

3. Pencahayaan kebiruan yang aneh pada  foto:  Coba terapkan beberapa filter pada kamera. Seperti memanfaatkan filter UV untuk menghilangkan efek kabut yang disebabkan dari sinar UV.

Selain itu, filter UV juga membantu melindungi lensa dari kerusakan akibat matahari. Anda juga bisa menggunakan filter polarisasi untuk mengurangi silau dari air dan menggelapkan warna biru terang dari langit.

Tapi perlu diingat, filter-filter yang digunakan tergantung pada efek apa yang Anda harapkan pada foto.(fmh)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar