Sabtu, 05 Mei 2012

10 Tips untuk Keamanan Mac (Habis)

detail berita
Ilustrasi

JAKARTA – Saat ini ada lebih dari 100 juta pengguna Max OS X di seluruh dunia, jumlahnya tentu terus berkembang begitu pula dengan malware yang terus bertambah. Sampai sekarang, malware Mac OS X, termasuk Trojan seperti Mac OS X versi DNSChanger dan serangan terhadap Mac OS X meledak di 2011.

Costin Raiu dari Kaspersky Lab Expert memberikan 10 tips untuk meningkatkan keamanan Mac. Berikut lima dari sepuluh tips seperti dilansir dari keterangan reminya, Selasa (24/4/2012):

6. Gunakan pengelolaan kata sandi untuk mengatas penyerangan phising: Kabar baiknya adalah, tidak seperti Windwos, Mac memilliki pengelolaan kata sansi yang sudah terpasang dalam sistem ‘Keychain’.

Sebaiknya buat frase unik dan kuat untuk sumber dan simpan dalam keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. Ketika pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda, seperti Gmail dan Facebook.

Karena itu, dengan memiliki kata sandi yang disarankan tadi bisa menciptakan keamanan online yang lebih kuat.

7. Jangan aktifkan Ipv6, AirPort dan Bluetoot jika tidak diiperlukan: Matikan koneksi jika tidak digunakan karena ketiga hal tadi bisa menjadi celah bagi peretas untuk melakukan serangan.

8. Nyalakan full disk encryption (Mac OS X 10.7+): Pada Mac OS X Lion, Apple memperbarui solusi encyption (FileVault) dan menambahkan full disk encyption yang dikenal dengan sbeutan ‘FileVault 2’. Hal ini memberikan keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan bisa sangat berguna jika laptop dicuri.

9. Perbarui Adobe Reader menjadi versi 10 atau yang terbaru: Adobe Reader menjadi target incaran para pelaku kriminal dunia maya pada platform Windwos dan masik mensusuki peringkat tertinggi diantara perangkat di sekuruh dunia.

Maka pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan mengunduh pada halamanan Adobe, tapi sayangnya banyak versi lama masih tersedia untuk diunduh dan sangat membingungkan.

10. Pasang solusi keamanan yang bagus: Mac tidak terinfeksi virus telah menjadi tema yang biasa didengar sejak iklan pada 2006 dengan menggambarkan PC ‘sakit’ dan Mac ‘sehat’. Enam tahun berlalu dan situasi berubah dramatis.

Tahun 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan antivirus pada pengguna Mac dengan cara agresif. Seperti Trojan Flashback yang mucul 2011 lalu membuat gebrakan besar pada Maret 2012 yang menginfeksi setengah juta komputer di seluruh dunia.

Saat ini solusi keamanan sangat penting untuk pengguna Mac. Anda bisa mengunduh dan mencoba Kaspersky Anti-Virus for Mac. Untuk pengguna Mac OS X, pilihan seperti Little Snitch dapat digunakan untuk menentukan kapan program muncul untuk digunakan pada saat koneksi internet dan memberikan pilihan mengijinkan atau menolak koneksi. (fmh)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar