Kamis, 31 Mei 2012

Samsung, LG dan Huawei Bakal Bikin Chip LTE Sendiri

detail berita
Ilustrasi (foto: google)
SEOUL - Samsung Electronics, LG Electronics dan Huawei Device mempertimbangkan rencana untuk meningkatkan jumlah solusi LTE yang diproduksi sendiri. Hal ini diperkirakan akan mengurangi ketergantungan mereka pada Qualcomm.

Diwartakan Digitimes, Selasa (29/5/2012), Samsung telah memiliki chip CPU dan baseband besutan sendiri, yang mendukung teknologi LTE. Menurut sumber yang menolak disebutkan namanya, chiptersebut bisa dipasangkan dengan chip LTE RF dari luar untuk membangun solusi LTE alternatif.

Saat ini sudah ada beberapa deretan produk Samsung yang dibekali chip LTE baseband  besutan sendiri dikombinasikan chip LTE RF dari Silicon Motion. Produk tersebut antara lain Samsung Stratosphere, Galaxy Attain 4G, Galaxy S Aviator, Galaxy Tab 10.1 dan Galaxy Nexus.

Sedangkan HiSilicon, anak perusahaan Huawei, mengklaim telah memiliki teknologi untuk memproduksi CPU quad-core  dan chip LTE multi-mode. Piranti keras ini selanjutnya bisa dikembangkan menjadi solusi LTE untuk digunakan ponsel cerdas.

Menilik pada permintaan global terhadap chip yang mendukung LTE, tahun ini akan ada kebutuhan sekira 80-100 juta unit. Sementara itu, penjual ponsel cerdas LTE diperkirakan mencapai 60-70 juta unit, pada tahun yang sama. (fmh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar