Sabtu, 05 Mei 2012

Vendor Rencanakan Ultrabook Tanpa ODD

detail berita
ilustrasi (foto: Google)
CALIFORNIA - Hewlett-Packard (HP), Dell dan Asustek Computer dikabarkan berencana menghilangkan optical disk drive (ODD) dari ultrabook besutannya. Sebelumnya, Apple juga dikabarkan akan menghilangkan ODD pada desain MacBook Pro terbarunya.

Diwartakan Digitimes, Selasa (24/4/2012), seiring dengan Apple merencakan perilisan MacBook Pro besutannya di kuartal kedua, vendor selain Apple tampaknya memosisikan MacBook Pro sebagai acuan. Bila desain tersebut tidak diterima pelanggan, vendor lain kemungkinan akan segera membatalkan rencana itu.

Acer juga mempertimbangkan adopsi desain tanpa ODD internal untuk laptop besutannya yang berukuran 15 inci ke atas. Bahkan, mereka dikabarkan telah meminta mitra manufakturnya menyediakan referensi desain.

Namun, karena saat ini perusahaan masih menyukai desain dengan ODD internal, rencana itu masih ditunda dan akan muncul kembali jika desain baru menerima tersebut pengakuan konsumen.

Sumber kabar itu juga mengutip laporan dari ODMs yang menunjukkan perangkat tanpa ODD bisa lebih tipis 1 milimeter ketimbang produk dengan ODD.

Menghilangkan ODD internal juga akan memotong biaya sekira USD20. Namun itu tidak terlalu berpengaruh dalam mengurangi ukuran dan harga banderolnya.

Di sisi lain, jika desain baru tersebut dapat memenangkan hati konsumen dan mengontrol biaya produksi, vendor hilir masih yakin mereka bisa membuat harga ultrabook 15 inci jadi lebih menarik.(fmh)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar