Sabtu, 05 Mei 2012

Proview Pemilik Nama 'iPad' di China

detail berita
Ilustrasi (Foto: Associated Press)


BEIJING – Lama tak terdengar, kini sengketa merek dagang soal nama ‘iPad’ kembali menyeruak. Seorang pejabat senior State Administration for Industry and Commerce (SAIC) China mengatakan Proview Technology di Shenzen, yang berjuang melawan Apple di pengadilan China soal nama ‘iPad’ merupakan pemilik sah atas merek dagang tersebut.

“Menurut ketentutan peraturan Merek Dagang China, saat ini Shenzen Proview adalah pendaftar hukum merek dagang iPad,” ujar seorang Wakil Direktur SAIC, Fu Shuangjian, seperti dikutip dalam sebuah konfrensi pers di Beijing.

Pernyataan Shuangjian merupakan komentar publik pertama dari seorang pejabat pemerintah tentang masalah merek dagang ini dan kemungkinan menandakan bagaimana keputusan pengadilan. “Kasus ini memiliki dampak besar dan putusan akhir pengadilan akan mempengaruhi siapa yang memiliki merek dagang ‘iPad’,” jelas Shuangjian, seperti dilansir dari Reuters, Rabu (25/4/2012).

Sementara itu pihak Apple tidak bisa dihubungi untuk dimintai keterangan perihal merek dagang ‘iPad’ di China. Senin lalu, pengacara Proview mengatakan masih melakukan negosiasi dengan pengacara Apple tapi pembicaraan belum mengarah pada keputusan akhir.

Proview mengatakan pihaknya mendukung penyelesaian di luar proses pengadilan dan biasanya melibatkan pembayaran kompensasi, yang disebut-sebut oleh analis bahwa perusahaan itu memerlukan uang untuk membayar kreditur.

Soal merek dagang di China merupakan salah satu dari masalah yang menggangu raksasa teknologi yang berbasis di Cupertino, California tersebut. Seperti diketahui, Apple baru-baru ini setuju untuk bekerjasama dengan pemasok utamanya, Foxconn Technology Group untuk memastikan kondisi kerja yang lebih baik bagi pekerja di sana.
(fmh)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar